Satu ide lagi yang dipertanyakan oleh Titaley—tentang pertentangan antara etnis Jawa dan Cina—adalah kemungkinan pertentangan yang dilatarbelakangi oleh perbedaan agama, daripada hanya sekedar dua etnis yang berbeda. Orang-orang keturunan Cina kebanyakan beragama Buddha/Kong Hu Chu/Kristen/Katolik; sedangkan orang-orang Jawa kebanyakan beragama Islam. Titaley mengemukakan pendapat ini berdasarkan pengalaman keluarga Ibunya yang keturunan Cina namun beragama Islam, yang tinggal di Pulau Serang. Mereka tidak pernah mendapatkan perlakuan yang diskriminatif dari warga di sekitarnya.
Para budayawan di Semarang mengatakan bahwa penduduk yang tinggal di Ibu Kota
Propinsi Jawa Tengah ini mencakup tiga etnis utama; yakni Jawa, Cina, dan Arab.
Seandainya mengamini dikotomi antara pribumi dan non pribumi, maka ada dua
etnis yang bisa dikategorikan non pribumi, yaitu orang-orang keturunan Cina dan
Arab. Namun tatkala terjadi kerusuhan yang (mungkin) dikarenakan perbedaan
etnis, maka hal itu berarti (hanya) antara Jawa dan Cina saja. Salah satu
kerusuhan yang ‘sempat kualami’ sendiri yakni yang terjadi pada tahun 1980,
dengan alasan yang tidak kuketahui. Dua hal yang kuingat dari kerusuhan
tersebut: pertama, my Mom sangat khawatir dengan keselamatan my (late) Dad yang
waktu itu berada di kantor, karena my (late) Dad looked like Chinese. Yang
kedua: tiba-tiba orang-orang di sekitarku menjadi beringas dengan melemparkan
batu-batu ke toko-toko milik orang-orang keturunan Cina. Aku tidak tahu
alasannya, kecuali bahwa kata para tetangga mereka itu menumpuk harta sehingga
mereka menjadi kaya.
Mengapa demikian? Jawabannya tentu karena mayoritas orang Jawa memeluk agama
Islam, sama dengan agama yang dipeluk oleh orang-orang keturunan Arab. Agama
Islam menjadi satu ikatan yang sangat kuat mempertautkan orang Jawa dan
orang-orang (keturunan) Arab. Bukankah banyak juga orang-orang keturunan Arab
yang kaya?
Sehingga cukup masuk akal jika ada orang yang mengatakan bahwa mungkin untuk
menghindari kerusuhan serupa untuk terjadi lagi, orang-orang keturunan Cina itu
seyogyanya memeluk agama Islam, seperti Laksamana besar Cheng Ho yang konon
pernah menginjakkan kakinya di pesisir Semarang, dan membangun sebuah masjid
sebagai petilasan, namun di kemudian hari beralih fungsi menjadi kelenteng,
yakni bangunan bersejarah Gedung Batu Sam Po Kong.
Namun sangatlah tidak bijaksana jika agama dijadikan sebuah senjata. Bukankah
dalam agama Islam, orang-orang (seharusnya) meyakini bahwa tidak ada paksaan
untuk memeluk agama?
Seperti apa yang dilakukan oleh Widjajanti Dharmowijono, yang mendapatkan tugas
membedah novel PUTRI CINA, kita harus kembali ke beberapa abad lalu, bagaimana
pemerintah Kolonial Belanda menanamkan policy divide et impera, sehingga para
‘kaum pendatang’ (baca => keturunan Arab dan Cina) itu saling membenci,
untuk mencari akar permasalahan, untuk kemudian bersama kita mencari solusinya,
demi membentuk negara dimana para warganya benar-benar saling menghormati dan
melindungi.
PT56 23.00 100608
Tidak ada komentar:
Posting Komentar