Cari

Memuat...

Kamis, Agustus 07, 2014

Museum Angkut - Batu Malang

MUSEUM ANGKUT + MOVIE STAR
Bagi mereka yang menggemari museum sebagai salah satu destinasi wisata ketika berlibur, jangan sampai lewatkan MUSEUM ANGKUT yang terletak di Kota Wisata Batu – Malang.

Museum Angkut? Museum apaan ya?

Museum ini memang masih tergolong baru, diresmikan dan dibuka untuk umum tanggal 9 Maret 2014. Terletak di Batu – Malang, kurang lebih 500 meter dari Jatim Park 1. Tempat wisata ini dibagi dalam beberapa zone. 

Di awal masuk, kita dibuat terpesona dengan berbagai macam mobil, sepeda motor, dan sepeda onthel yang berusia dari puluhan tahun, bahkan hingga ratusan tahun. Ih wow! Aku bukan pecandu otomotif aja sangat suka melihatnya, apalagi mereka yang keranjingan otomotif ya?

Kita pun terus menerus dibuat terpesona dengan segala jenis kendaraan angkut yang dimiliki museum, dari satu ruang ke ruang lain. Helikopter pertama yang dimiliki oleh , Indonesia – dan tentu pernah dinaiki oleh Sang Proklamator kita Bung Karno – pun dipamerkan. Di ruangan berikutnya juga dipamerkan berbagai jenis becak – becak dari Semarang berbeda dari becak khas Cirebon, juga berbeda dengan becak khas Blitar yang mungil, berbeda juga dengan becak khas kota Solo, dll. Ada juga gerobag lengkap dengan (patung) sapinya.

Yang di luar ekspektasiku adalah zona MOVIE STAR dimana ruang-ruang itu diset sedemikian rupa sehingga kita seolah-olah berada di kawasan Kota Tua Betawi lengkap dengan bajaj, oplet, hingga warung-warung zaman lama. :) Setelah ‘meninggalkan’ kawasan Kota Tua Betawi, kita dibawa menuju Gangster Town. Setting Gangster Town membuat kita seolah-olah berada di kawasan kota-kota Eropa/Amerika, lengkap dengan patung-patung gangster, penggarong, hingga penjara, sekaligus juga minibar, barbershop, broadway, dll.
Selepas meninggalkan zona Gangster Town, kita menuju zona Italia, lengkap dengan replika menara Eiffel-nya. Dari Italia kita menyeberang ke Jerman yang khas dengan mobil VW-nya. Dari Jerman kita menuju Inggris! Bisa kita dapati setting London Market Place, Harrods, booth telephone umum, hingga patung penjaga istana, dan ... istana Buckingham itu sendiri, dimana di satu sudut terlihat Ratu Elizabeth sedang duduk di sebuah kursi. Tak ketinggalan juga tentu replika double decker, alias bus tingkat khas London.

Keluar dari zona Inggris, kita terbang menuju Las Vegas! Waw! Di zona Las Vegas ini kita bisa menemukan replika Sphinx, dan Miss Liberty. Disini juga kita bisa berfoto-ria dengan background bukit Hollywood dengan mobil khas ala Amerika. Selain itu juga ada Hulk, keluarga Scooby Doo, replika kendaraan-kendaraan yang muncul di film Ghost Rider, mobil yang muncul dalam film Batman, mobil imut milik Mr. Bean, keluarga The Flinstone, dll.

Zona Hollywood adalah zona terakhir sebelum kita keluar museum. Untuk keluar dari museum, kita masuk ke sebuah lorong yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga kita seolah-olah sedang naik kereta api! Lengkap dengan suara jus jus jus jus ngooook. LOL.

Museum dibuka tiap hari dengan tiket Rp. 50.000,00 untuk kunjungan hari Senin hingga Kamis. Untuk hari Jumat hingga Minggu tiketnya Rp. 75.000,00, demikian juga di ‘high season’ saat libur kenaikan sekolah, lebaran, dll. Jangan lupa bawa kamera untuk memuaskan hasrat narsis anda! Tapi jangan lupa untuk membawa masuk kamera ke lokasi, kita harus membeli tiket khusus untuk kamera seharga Rp. 30.000,00!

Jika sempat berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi Museum Angkut + Movie Star!

GG 15.52 23/07/2014















































1 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik untuk dibaca, ditunggu postingan selanjutnya.

    Dari Wisnu Transport, http://travelmalangindo.blogdetik.com/, Flexi 0341 542 1672

    BalasHapus