Cari

Memuat...

Sabtu, Agustus 09, 2014

Vihara Dhammadipa - Batu Malang

Padepokan vihara Dhammadipa terletak di Jalan Ir. Sukarno no. 44 (Mojorejo) Batu. Sangat mudah menemukan vihara ini, asal teliti ketika dalam perjalanan dari (kota) Malang menuju Batu. Dan jika telah menemukan lokasinya, jangan ragu-ragu untuk masuk karena meski vihara ini adalah pusat latihan meditasi Vipassana, vihara juga terbuka untuk turis yang ingin mengagumi keindahan bangunan yang ada.

Padepokan Dhammadipa Arama merupakan pusat latihan meditasi Vipassana, yang dilengkapi dengan gedung ‘Patirupaka Shwedagon’ yang ternyata adalah replika Pagoda Patirupaka Shewedagon Myanmar. Gedung yang megah ini berada di bagian belakang padepokan, dekat dengan tempat bermeditasi/dhammasala. Ada juga museum dimana di dalamnya ada ruang-ruang yang mengkhususkan wilayah penyebaran agama Buddha di seluruh dunia. Akan tetapi aku dan Ranz tidak berani masuk ke museum mengingat pintunya tertutup, dan kita tidak ada guide yang menemani.

jangan lupa di bagian belakang kawasan padepokan ini, kita juga akan menemukan patung Buddha dalam ukuran raksasa yang sedang berbaring. Patung Buddha inilah merupakan daya tarik utama bagiku pribadi. :)

Karena merupakan pusat latihan meditasi Vipassana, bisa dibayangkan betapa sunyi dan damai suasana Dhammadipa Arama. Lokasinya yang sudah dekat kawasan Batu tentu membuat suhu udara lumayan sejuk sehingga sangat menyenangkan. Di ruang khusus bermeditasi, kita melihat lumayan banyak mereka yang sedang bermeditasi, semua mengenakan baju berwarna putih, terlihat begitu suci dan damai. 

Berikut beberapa foto yang dijepret waktu kita kesana.
















































1 komentar:

  1. Selamat menyambut Tri Suci Waisak 2015. Tingkatkan mutu pendidikan Buddhis yang berkualitas dengan melengkapi informasi Saudara se-Dhamma tentang
    aneka media pembelajaran kreatif untuk SMB

    BalasHapus