Cari

Memuat...

Selasa, Maret 26, 2013

Nite Ride @Earth Hour di Semarang

Seperti biasa, setiap tahun, pada tanggal 23 Maret kita 'merayakan' hari bumi yang istilah kerennya EARTH HOUR. Bagaimana cara kita -- yang peduli pada lingkungan -- merayakan hari bumi ini? Sangat simpel: matikan lampu secara serentak selama satu jam, mulai pukul 20.30 - 21.30. Harus diakui banyak orang yang tidak peduli memang, dengan alasan yang -- meski ada benarnya -- namun bagiku pribadi sangatlah mengesalkan: "TOH PLN SUDAH BERULANG KALI MATIIN LISTRIK. LALU NGAPAIN KITA REPOT-REPOT MATIIN LISTRIK SEGALA?" (Check postinganku disini tentang protesku :) )


Om AB sedang diwawancarai

Tahun ini, untuk ikut manghayubagyo perayaan Earth Hour, Komunitas B2W Semarang -- yang digawangi oleh ketua baru (yang belum dilantik, :-D ) Om Ari Bjo -- ikut serta dengan cara bersepeda malam-malam keliling kota, alias City Nite Ride. Dengan didukung bantuan berupa snack 600 bungkus dari PemKot pada hari H, para pangurus B2W Semarang bersibuk-sibuk ria woro-woro di segala linimasa yang bisa dijangkau sejak minimal dua minggu sebelumnya.

menunggu peserta lain
jelang meninggalkan Balaikota, mulai NR

Hari Sabtu 23 Maret 2013 Semarang diguyur hujan lebat, di seluruh kawasannya, Semarang Timur, Barat, Tengah, Utara, hingga kawasan Semarang atas sejak siang hari. Tidak tanggung-tanggung, hujan lebat ini disertai angin kencang. Bisa dipahami jika kita sempat ketar-ketir bagaimana nanti pelaksanaannya. Alhamdulillah, jelang pukul 5 sore, di kawasan Jalan Pemuda -- dimana Balaikota berada, titik kumpul para pesepeda untuk bersama melakukan gowes bareng -- hujan sudah reda, meski di kawasan lain masih diguyur hujan. Usai maghrib (baca --> setelah jam 6 sore) hujan reda, tinggal titik-titik halus, dan tentu saja genangan air di jalan-jalan. Namun tentu hal ini tidak menyurutkan semangat para pemerhati.


Dany Saputra menjelaskan rute NR

Sangat menggembirakan ketika melihat di halaman Balaikota -- jelang pukul 7 malam -- telah berkumpul ratusan pesepeda dari segala penjuru Semarang! Mereka siap ikut meramaikan nite ride untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat: bersepeda! Dipimpin oleh Om Dany Saputra, pesepeda mengayuh pedal sepeda masing-masing melewati rute : Tugumuda, Pandanaran, Thamrin, Kampungkali, Mataram, kawasan Kota Lama, Pemuda, kembali ke Tugumuda untuk bergabung bersama anggota komunitas Earth Hour yang sedang mengadakan acara. Mereka juga didampingi para marshall yang dikomandani oleh Yasto dari B2C Semarang.


di Gereja Blenduk, kawasan Kota Lama

Beberapa menit sebelum pukul 20.30 rombongan pesepeda telah sampai di kawasan Tugumuda. Teman-teman yang kebagian peran sebagai seksi konsumsi -- termasuk yang membawakan ratusan dus snack -- mulai membagikan konsumsi kepada para peserta nite ride. Setelah berbaris rapi untuk foto-foto (:-D ) listrik mulai dipadamkan, termasuk traffic light yang ada di sekitar Tugumuda. Meski listrik mati, lalu lintas tetap berjalan dengan lancar dan rapi. Sekitar pukul 21.15 listrik kembali dinyalakan. Meski listrik mati kurang dari satu jam -- mungkin 'hanya 'demi menggugurkan kewajiban -- it is better than nothing lah. :)




dengan latar belakang Lawangsewu, salah satu landmark kota Semarang

Tak lama kemudian para pesepeda undur diri untuk kembali ke rumah masing-masing. Sementara itu, Andra yang diberi tugas sebagai seksi konsumsi melaporkan jumlah dus snack yang tersedia masih sangat banyak. Kita berinisiatif untuk membagikannya pada peserta dari komunitas Earth Hour yang ternyata tidak mendapatkan sponsor untuk konsumsi. :)

Sampai jumpa di acara berikutnya! Salam gowes.

Nana Podungge
B2W Semarang

C-net 16.46 260313

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar